Jumat, 02 Oktober 2015

Bisnis Informatika dini? Kenapa enggak?

Rencana  membuka berbisnis informatika?

Pertanyaan seperti itu pasti membuat kita berfikir peluang apa yang dapat diperoleh untuk membuka usaha dalam bidang informatika, yang ada dipikiran saya tidak jauh dari “internet”, kenapa? Ya, karena memang internet di zaman sekarang ini hampir seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat hampir semua orang mencari sesuatu di internet. tapi dibalik asiknya ber internet ria beberapa orang mungkin kurang sadar dengan web blog wikia ataupun forum yang mereka singgahi, asal informasi sudah didapat ya tinggalkan begitu saja, namun ada hal kecil yang kita kurang sadari yaitu domain.



ya domain atau hosting yang digunakan para pemilik web, wikia, forum dan lainnya bisa memiliki host milik sendiri tanpa bawaan nama blogger atau wordpress, domain bisa diganti sesuai dengan nama penyedia hosting itu sendiri ataupun bisa kita pilih sendiri. tentunya masing masing domain pasti memiliki bayaran yang berbeda pula.

misal domain (.com) kita bisa membeli domain itu dengan harga Rp134.000/tahun , (.net)Rp80.000/tahun , dan lain sebagainya.
memang harga cenderung tidak begitu mahal, tapi bisa dibayangkan bila yg memesan domain lebih dari 10 orang? bahkan 100 orang? bisa banyak keuntungan yang didapat dari hanya menjual domain saja

namun dibalik itu tentu saja memiliki jasa pasang domain tidak semudah yang kita kita, setiap bulannya pasti ada maintenance atau perbaikan server demi menjaga ke stabilan dari web agar nantinya tidak terjadi masalah masalah seperti server down.

Berikut ada sedikit wawancara dari salah satu orang pemilik hosting http://hostingpangeran.com/ yang memulai bisnis hostingnya .


Modal Awal Untuk Memulai Bisnis Hosting.
Mas bro, kan biasanya untuk memuali bisnis itu pelu modal nih, nah dalam hal berbisnis hosting ini modal awal yang perlu kita investasikan berapa besar sih?
Jawab : Untuk modal hosting tergantung kita memilih yang mana, kalau awal banget sih pilih reseller aja setahun paling 1,5 juta, ini pengalaman saya pribadi.
—————————————————
Jadi untuk modal awal ini teman-teman tidak harus punya server sendiri, teman-teman bisa menyewa layanan hosting dalam jumlah cukup besar dari perusahaan hosting lain, lalu teman-teman sewakan layanan hosting yang disewa tadi kepada orang-orang. Ibaratnya ini mirip seperti kita bisnis dropship hositng begitu :). Nah jika teman-teman mencari perusahaan yang mau bekerja sama dalam sistem reseller, teman-teman tinggal kunjungi situs-situs perusahaan-perusahaan hosting besar yang ada.
Hal yang Harus Dipersiapkan.
Oke deh mas, tadi sudah cukup jelas. Sekarang mengenai persiapan memulai bisnis hosting nih, kalau menurut mas sendiri, apa saja sih yang perlu disiapkan agar bisa segera berbisnis hosting ini?
Jawab : Kita perlu menyiapkan website untuk web company (web perusahaan hosting) kita dan kemampuan marketing. Soalnya untuk masalah teknis server kita bisa tanya ke cs (customer service) perusahaan tempat kita menyewa jika adamaintanance server, berbeda kalau sudah pake VPS (Virtual Private Server) kita maintanance sendiri.
——————-
Jadi jika teman-teman ingin berbisnis hosting nih, minimal teman-teman bisa menyediakan website perusahaan hosting teman-teman sendiri untuk menjual hostingnya. Atau teman-teman bisa membentuk tim yang terdiri dari tim marketing, tim teknis website, dan tim keuangan. Itu saran dari saya :).
Kendala dan Motivasi.
Nah mas, sekarang kita bicara soal kendala dalam berbisnis hosting. Adakah kendala yang mas alami ketika bekerja di bidang bisnis hosting ini?
Jawab : Kalau kendala sih relatif, setiap orang pasti berbeda. Kalau kendalanya saya yaitu malas, ketika client marah-marah bahkan maki-maik kita jadi malas, atasinya cukup dengan sabar dan belajar dari pengalaman.
Bagaimana dengan motivasi mas sendiri, apa sih yang melatarbelakangi keinginan mas berbisnis hosting ini?
Jawab : Dulu saya itu melihat pasaran internet semakin ramai, orang membutuhkan hosting dan domain untuk bikin website seperti toko online, blog dan sebagainya. Dari sana kan bisa jadi peluang bisnis.
Tips Memulai Bisnis Hosting Untuk Pemula.
Mas kan sudah cukup pengalaman di bidang bisnis hosting ini, nah adakah tips untuk pemula yang baru mau belajar membuka bisnis layanan hosting semacam ini?
Jawab : Jangan pernah putus asa apa lagi menyerah karena keuntungan hosting itu tiba-tiba aja besar, nanti kesananya kecil dulu, saya pernah alami tapi sekarang udah stabil pendapatan 3 juta ke atas.
————————-
Memang dalam berbisnis tidak boleh ada istilah menyerah. Selain itu, tips dari saya adalah teman-teman juga perlu banyak belajar. Belajar berbagai hal terkait hosting dan website, entah itu dari artikel di internet, buku, ebook ataupun dari seminar-seminar. Semakin banyak yang teman-teman ketahui mengenai hosting dan web, mudah-mudahan semakin maju bisnis hostingnya.
Cara Membuat Web Untuk Perusahaan Hosting Kita.
Bicara soal web perusahaan hosting kita nih mas, cara bikinnya gimana sih? Software yang dibutuhkan apa saja ya?
Jawab : Untuk websitenya saya biasa buat pakai Adobe Dreamweaver, tapi untuk software billing (penagihan biaya hosting), direkomendasikan pakai aplikasi WHMCS. WHMCS ini bisa teman-teman dapatkan dari situs http://www.whmcs.com/.

Dari cerita diatas menurut sudut pandang saya yang membuat beliau sukses dalam berbisnis informatika adalah semangat pantang menyerah dalam mengambil langkah dan keputusan.

”Jangan pernah menyerah sebelum berperang.”, mungkin anda pernah mendengar kata-kata itu. Ya, ternyata menang benar, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya karna dari kegagalan kita belajar bagaimana menjadi sukses :)

semoga postingan ini bermanfaat bagi saya dan pembaca terima kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukan komentar anda